Dalam rangka meingkatkan kemampuan managerial, penalaran, minat, bakat, kegemaran dan kesejahteraan mahasiswa, maka Universitas Siliwangi memfasilitasi beberapa organisasi kemahasiswaan sebagai wahana dan saran pengembangan diri mahasiswa ke arah perluasan wawasan dan peningkatan kecendikiawanan serta integritas kepribadian memalui kegiatan ekstra kulikuler. Organisasi Kemahasiswaan Universitas Siliwangi terdiri atas unsur-unsur organisasi kemahasiswaan pada tingkat universitas, fakultas, dan pada tingkat jurusan/program studi antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) Universitas Siliwangi
  2. Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM) Universitas Siliwangi
  3. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  4. Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Universitas Siliwangi
  5. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Siliwangi
  6. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HIMAJ) / Program Studi (HMPS)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah wadah kegiatan di tingkat universitas untuk menampung, menyalurkan, serta mengembangkan minat, bakat, dan kegemaran mahasiswa Universitas Siliwangi. Jenis jenis UKM yang ada di Universitas Siliwangi antara lain:

  1. UKM Olahraga dan Kesenian
  2. UKM Khusus, meliputi Korps Sukarela Remaja (KSR), Pramuka, Resimen Mahasiswa, Pencinta Alam, Koperasi Mahasiswa dan Kerohanian.

Pola pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan di Universitas Siliwangi pada prinsipnya mengacu kepada beberapa hal yang dapat dirinci sebagai berikut :

  1. Perkembangan Kemahasiswaan diarahkan kepada penciptaan keadaan yang kondusif bagi mahasiswa, sehingga memungkinkan mahasiswa dapat mengembangkan dan menyalurkan potensinya secara baik dan terarah yang akhirnya akan menciptakan Academic Atmosphere di Universitas Siliwangi sebagai prasyarat berkembangnya proses akademik yang lancar.
  2. Agar keadaan kondusif tersebut tercipta, koordinasi dan mekanisme pembinaan serta kegiatan mahasiswa perlu ditata selaras, seimbang, dan serasi dengan tujuan pendidikan di Universitas Siliwangi.
  3. Pembinaan, pengembangan kegiatan kemahasiswaan dan keorganisasiannya juga diarahkan sebagai suatu kesadaran, terencana, terarah dan bertanggung jawab untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap serta kepribadian mahasiswa.
  4. Pengelolaan program-program kemahasiswaan diupayakan bermutu, efisien serta merata dan relevan dengan perkembangan IPTEK dan harapan masyarakat, sehingga tertanam pengertian tentang hakekat pendidikan tinggi sebagai masyarakat dan institusi ilmiah yang memiliki ciri dan cara khas terutama Universitas Siliwangi sebagai Kampus Perjuangan, Monumen hidup Siliwangi dan Rakyat Jawa Barat.
  5. Pembinaan Kehidupan Kemahasiswaan ditujukan agar tercipta kehidupan kampus yang religius, penuh dengan kerukunan dan kekeluargaan, rasa setia kawan, mempunyai jiwa kesatuan dan persatuan serta pengabdian yang tinggi.
  6. Memenuhi tiga kebutuhan pokok mahasiswa secara bertahap dan sesuai dengan sasaran pembinaan mahasiswa yaitu pengembangan minat dan bakat (student Intrest), pengembangan penalaran dan kesejahteraan mahasiswa (student welfare).
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s